Zevin Fadila

Blog pribadi yang berisi hal positif, inspiratif, dan edukatif.

Ads Here

Monday, June 11, 2018

Tanaman Turi Merah, Tanaman yang Kaya Manfaat

Tanaman Turi Merah Yang Kaya Manfaat



Tanaman Turi Merah atau disebut juga Red Agati atau Hummingbird Tree adalah jenis pohon kecil yang berkayu lunak dan memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi, turi merah rata-rata memiliki tinggi sekitar 3 meteran. Tanaman ini pertumbuhannya sangat cepat, pada umur 5-6 bulan setelah tanam sudah mulai berbunga. Bunganya dominan warna merah, bunga turi merah dapat dimakan. Biasanya bunga turi merah ini dijadikan olahan makanan pecel atau bisa juga ditongseng. Cita rasa dari bunga turi merah ini manis dan gurih. Jika mengolah bunga turi merah ini hendaknya tidak terlalu matang, kalau terlalu matang akan muncul rasa pahitnya.

Tanaman turi merah tergolong tanaman yang jarang ditemui dan langka yang menanam, entah karena alasan apa. Bunga turi merah juga langka di pasaran, bila kita mencari bunga turi di pasar, yang kita temui hanya bunga turi putih saja, itupun di pasar tradisional yang berada di pedesaan. Untung saja saya tidak sulit untuk mendapatkan bunga turi merah ini, karena saya tanam sendiri di pekarangan rumah saya. Selain bunganya dapat dikonsumsi, pohonnya juga bisa dijadikan tanaman hias, karena pohonnya tidak terlalu tinggi.
Tanaman turi merah banyak manfaatnya. Apa saja manfaat yang terdapat pada tanaman turi merah ini? Berikut manfaat tanaman turi merah yang jarang kita ketahui.
  • Mengobati Migrain
  • Perlu diketahui bahwa bunga turi merah memiliki kandungan Niacin didalamnya. Kandungan Niacin yang ada didalam bunga turi merah dapat meringankan sakit kepala sebelah atau migrain.
  • Melancarkan Pencernaan
  • Bunga turi merah ternyata bisa melancarkan pencernaan. Bagi yang pencernaannya tidak lancar, bisa mengkonsumsi bunga turi merah ini.
  • Mempercepat Penyembuhan Luka
  • Kandungan Vitamin C yang terdapat pada bunga turi merah dapat mempercepat penyembuhan luka. Tidak hanya berkhasiat untuk mempercepat penyembuhan luka, bunga turi merah dapat meringankan gejala sariawan.
  • Menghilangkan Jerawat
  • Jerawat yang mengganggu pada wajah ternyata bisa dihilangkan dengan bunga turi merah. Caranya mudah sekali, tumbuk beberapa bunga turi merah kemudian tempelkan pada jerawat.
  • Mengatasi Radang Tenggorokan
  • Bunga turi merah dapat menyembuhkan radang tenggorokan, seperti sakit tenggorokan. Cara menyembuhkannya dengan rutin meminum air rebusan bunga turi merah.

Itulah beberapa manfaat yang ada pada bunga turi merah. Tanaman yang jarang orang tahu tapi mempunyai segudang manfaat didalamnya.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda semua. Sekian dan tunggu postingan selanjutnya. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment