Zevin Fadila

Blog pribadi yang berisi hal positif, inspiratif, dan edukatif.

Ads Here

Friday, April 27, 2018

Kelinci Hias Rex Carpet

Kelinci Rex adalah jenis kelinci hias yang berasal dari Perancis ditemukan kira-kira pada tahun 1919. Kelinci Rex keturunan dari kelinci liar yang ada di Perancis dan tidak disengaja oleh para petani Perancis dibudidayakan.Kelinci ini masuk dalam dua kategori kelinci, yakni kelinci hias dan kelinci pedaging. Umumnya kelinci ini dijadikan sebagai kelinci hias, tapi bisa juga dijadikan kelinci pedaging karena kelinci ini bisa mencapai bobot 6,5 kg untuk yang jenis standar dan yang jenis mini bisa mencapai 2 kg.
Itulah sejarah singkat dari kelinci Rex berasal. Saya mempunyai sepasang kelinci ini, jenis yang saya punya adalah Rex Carpet mini. Kelinci ini sudah saya pelihara selama kurang lebih 1 tahun. Saya membelinya di pasar hewan, sepasang harganya 70 ribu umur 2 bulan.

Baca juga:

Budidaya Ayam Buras Umbaran Jaring

Perawatan untuk kelinci ini bisa dibilang gampang-gampang susah, karena sifat kelinci yang mudah stress dan rentan mati. Apalagi untuk yang masih anak-anak, resiko angka kematian sangat tinggi. Untuk itu perawatannya harus ekstra diperhatikan, seperti tidak boleh memberikan sayuran basah pada anakan kelinci karena akan menyebabkan kembung dan bisa menyebabkan kematian pada anakan kelinci. Kebersihan kandang harus diperhatikan juga, karena kalau kandang kotor bisa menyebabkan penyakit kulit pada kelinci seperti penyakit gudig atau scabies. Bila penyakit gudig atau scabies pada kelinci tidak segera ditangani akan menyebabkan kematian. Kelinci yang terkena gudig bisa diobati dengan Wormectin, dengan cara disuntik.
Untuk yang ingin melihat kelinci Rex peliharaan saya seperti apa, simak video dibawah ini:

No comments:

Post a Comment